Selamat Datang di Blog Laboratorium Komputer STMIK Balikpapan....!

Jumat, 04 April 2008

Tips Membeli Sebuah LAPTOP

“Kembali ke Laptop”, itulah trade mark Tukul Arwana yang sering diucapkannya dalam membawakan acara Empat Mata di sebuah stasiun TV swasta. Trade Mark tersebut begitu mewabah bagai virus yang menjangkiti hampir semua lapisan masyarakat.
Masih ada hubungannya dengan trade mark tersebut bahwa tidak jarang kita lihat eksekutif muda, mahasiswa bahkan karyawan yang menenteng notebook (LAPTOP). Entah hanya sekedar tuntutan gaya hidup atau memang merupakan suatu kebutuhan. Yang jelas, anggota DPR pun sempat akan mendapat jatah “benda canggih” ini yang konon diharapkan dapat meningkatkan kinerja anggota namun batal karena banyak menuai protes dari masyarakat.
Apapun alasan dan tujuan memiliki laptop, perlu kiranya kita menyimak tips-tips berikut sebelum membelinya :

1.Tentukan budget kita
Harga laptop sangat bervariasi, mulai dari kelas low end (perfoma rendah) hingga kelas high end (perfoma tinggi) dengan harga mulai dari 4 jutaan bahkan sampai 20 jutaan. Oleh karena itu, kita perlu menentukan alokasi dananya.

2.Tentukan spek (spesifikasi) sesuai fungsi / kebutuhan
Pastikan dahulu untuk apa laptop tersebut, apakah hanya untuk pengetikan, pengolahan data base, main game, pengolah grafis, atau bahkan video editing? Karena masing-masing membutuhkan spek yang berbeda.

=> Kalau hanya untuk pengetikan (MS Word, misalnya), pengolah angka (MS Excel), pengolahan data (MS Access), presentasi (MS Power Point) maka dengan Processor Intel Celeron, RAM 128 MB pun sudah cukup dan dengan uang 5 atau 6 jutaan sudah dapat laptop merk NEC, Relion, Ion, Axioo.

=> Lain halnya, bila ingin memainkan game 3D, pengolahan grafis, video editing, kita perlu spek minimal Processor Intel Core Duo, RAM 512 MB dan harus merogoh kocek 10 jutaan lebih.
Kalau dengan spek minimal (low end) sudah bisa menangani pengetikan / game-game ringan kenapa kita harus membeli spek high end (bagus) kecuali kita punya “dana berlebih”.

3.Pertimbangkan komponen pendukung (Accessories)
Termasuk di dalamnya konektivitas seperti, NIC, modem, Irda, Bluetooth, WiFi, bahkan Webcam. NIC berfungsi untuk tersambung ke jaringan dengan kabel data, Irda dengan Infra Merah, Bluetooth dengan gelombang radio. Modem berfungsi untuk koneksi internet dengan dial up (line phone). Sedangkan WiFi untuk koneksi internet melalui hotspot-hotspot yg sekarang sudah banyak dijumpai di kafe-kafe, bandara, dan hotel. Dengan Webcam, kita bisa chatting dengan camera sehingga wajah kita bisa dilihat oleh teman chatting.

4.Pilihlah merk yg punya nama (branded)
Biasanya indentik dengan kualitas, seperti Thosiba, ACER, COMPAQ, NEC, Acer, HP, IBM, Apple, Dell, Wearnes, dll

5.Pertimbangkan Bobot, ukuran layar, daya tahan baterai
Bagi yg mobile, belilah laptop yg ringan, ukuran layar kecil sehingga tidak menyulitkan untuk membawanya, dan daya tahan baterai yg lama sehingga tidak harus sering mencharge ke listrik. Yg normal bisa tahan 2 sampai 3 jam ( merk Lenovo bisa sampai 12 jam).

6.Cari referensi harga
Setelah budget dan spek ditentukan, langkah berikutnya mencari referensi harga dari berbagi media. Fungsinya adalah :
=> untuk menyesuaikan budget yg ada dengan spek yg kita tentukan.
=> Untuk patokan harga agar kita tidak “dibohongi” oleh penjual.
Untuk referensi harga online, bisa anda buka alamat ini :

http://www.bhinneka.com/
http://www.tempatshopping.com/
http://www.glodokshop.com/
http://www.fasncheap.com/
http://www.uc98.com/
atau juga dari tabloid / majalah PC seperti Komputek, PC Plus, PC Mild, dll

7.Kumpulkan brosur sebanyak-banyaknya dan banyak bertanya pada penjual.
Dengan begitu, kita bisa membandingkan spek / merk dan harga sehingga diperoleh laptop dengan spek yg optimal dgn harga yang minimal.

8.Layanan purna jual
Yang tidak kalah pentingnya adalah layanan purna jual. Layanan ini meliputi beberapa aspek penting untuk menjadi pertimbangan, antara lain:
=> Warranty (garansi), pilih produk dengan warranty yg paling lama (3 tahun ke atas)
=> Kemudahan memperoleh spare part. Hal ini untuk mengantisipasi apabila di kemudian hari ada komponen yg rusak/error.
=> Pastikan ada tempat service resmi dan mempunyai jaringan yg luas baik di dalam atau luar negeri.
=> Harga jual kembalinya tinggi. Maka pilihlah merk-merk yg terkenal. Hal ini untuk mengantisipasi kerugian jika di kemudian hari kita ingin mengganti laptop dengan spek / merk lain.
Dengan layanan purna jual yang baik akan memberikan rasa nyaman dan tenang karena sewaktu-waktu laptop bermasalah dapat mudah diatasi.

9.Pilih yg paling ergonomis, sehingga tidak cepat membuat lelah.

10. Membeli Laptop pada saat pameran
Biasanya menjelang penutupan pameran, penjual/produsen Laptop menawarkan diskon yang menarik atau bahkan dapat kesempatan memperoleh hadiah. Hal ini dapat menghemat budget kita.

11.Mengajak teman / teknisi yang lebih mengerti tentang Laptop
Pada saat membeli, ada baiknya kita mengajak teman yg lebih mengerti tentang laptop, untuk meminta rekomendasi / saran tentang spek / merk yg kita inginkan.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat. (dari berbagai sumber)

0 komentar:

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Laboratorium Komputer STMIK Balikpapan....!